Kamis, 04 Desember 2014

KELAS 5 TEMA 3 SUBTEMA 1

Perhatikan gambar di atas, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang dilakukan Edo?
2. Apa yang dilakukan Ibu?
3. Apa yang dilakukan Ayah bersama para tetangga?
4. Bagaimana bentuk kerukunan hidup yang pernah kamu lakukan dalam
keluargamu?
5. Sebutkan contoh-contoh bentuk kerukunan yang kamu lakukan bersama temantemanmu
di sekolah!
6. Kegiatan apa saja yang mencerminkan kerukunan hidup dalam masyarakat?
Perhatikan gambar di atas, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan ini!
1. Perilaku apa yang ditunjukkan oleh kedua orang pada gambar tersebut?
2. Barang apa saja yang dapat dibeli di toko elektronik seperti dalam gambar
tersebut?
3. Apakah menurutmu barang-barang itu dihasilkan dari dalam negeri atau ada
barang yang dihasilkan dari luar negeri?
4. Bagaimana cara mendatangkan barang-barang dari luar negeri ke Indonesia?
5. Selain perdagangan, adakah bentuk lain kerukunan hidup antarbangsa di
dunia? Kalau ada, tuliskan!


Perhatikan gambar telepon genggam di bawah ini!
Apa saja yang ingin kamu ketahui tentang telepon genggam itu?
Coba, tuliskan dalam kolom berikut!
Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Edo dan teman-teman di antaranya
sebagai berikut.
ËË Di mana kita dapat membeli telepon genggam itu?
ËË Apa sajakah fungsi telepon genggam itu?
ËË Di mana telepon genggam itu dibuat?
1. Menurutmu, adakah pabrik telepon genggam di Indonesia?
2. Jika ada, di manakah letaknya?
3. Jika tidak ada, dari negara manakah asal telepon genggam yang beredar di
Indonesia?
Carilah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bertanyalah kepada ayah,
ibu, bapak/ibu guru, atau orang lain yang kamu anggap mengetahuinya. Kamu juga
dapat mencari jawaban tersebut dari buku, majalah, surat kabar, atau internet.
Tidak semua barang yang kita perlukan dibuat (diproduksi) di dalam negeri. Ada
barang-barang yang didatangkan dari luar negeri. Sebaliknya, ada pula barangbarang
yang dapat kita kirim ke luar negeri untuk memenuhi kebutuhan warga di
negeri tersebut.
Suatu barang yang akan dijual biasanya ditawarkan terlebih dahulu. Bentuk
penawaran itu berupa iklan. Lakukan kegiatan berikut bersama teman-teman
kelompokmu.
Carilah contoh iklan barang dari dalam negeri yang akan dijual di luar negeri atau
barang dari luar negeri yang dijual di dalam negeri.
Gunting atau cetaklah contoh iklan tersebut, lalu tempelkan pada kotak di bawah.
Perhatikan dengan saksama kata-kata yang tertulis pada iklan tersebut. Tuliskan
kosakata baru yang kamu temui dan artinya dalam tabel berikut. Kamu dapat
mencari arti kata pada kamus.
Ketika melakukan kegiatan mencari contoh-contoh iklan, Dayu mengetahui harga
dua macam telepon genggam. Harga telepon genggam A: Rp800.000. Harga telepon
genggam B: Rp1.000.000. Dayu membandingkan kedua harga telepon genggam
tersebut.
Berapa selisih harga telepon genggam A dan B?
Berapa jumlah harga telepon genggam A dan B?
Perhatikan tabel berikut.
No Keterangan
Hitunglah banyak siswa di kelasmu, lalu lengkapilah tabel berikut.
No Keterangan Bilangan
Siswa SD Nusantara selalu hidup rukun. Suatu hari mereka bekerja sama
membersihkan sampah dan merapikan tanaman. Di halaman sekolah terdapat 36
siswa. Perbandingan banyak siswa perempuan dan banyak siswa laki-laki adalah
4:5. Berapa banyak siswa perempuan? Berapa banyak siswa laki-laki?
Bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut? Perhatikan dan pahami uraian
berikut.
Perhatikan contoh iklan berikut.
1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
2. Informasi apa saja yang kamu peroleh dari iklan tersebut?
3. Menurutmu, di dalam negeri atau di luar negerikah barang tersebut dibuat?
4. Tuliskan arti kata-kata berikut. Tanyakan kepada orang tuamu, bapak/ibu
gurumu, atau carilah artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Ayo Renungkan
1. Apa yang telah aku pelajari hari ini?
2. Bentuk kerukunan apa yang terjadi antara negara satu dan negara lain dalam
memenuhi kebutuhan warganya?

Kerja Sama dengan Orang Tua
Carilah iklan-iklan di majalah, surat kabar, atau internet tentang barang-barang
dari luar negeri. Tuliskan jenis barang-barang dalam iklan tersebut.

Edo bermain sepak bola bersama
teman-teman. Anggota tim Edo di
antaranya Beni, Leo, Amir, dan Udin.
Mereka bekerja sama dengan baik.
Beni menendang bola dan diterima
oleh Amir. Amir lalu mengarahkan
bola itu kepada Leo. Leo menerima
bola, lalu mengoperkan kepada
Udin. Bola diterima Udin, tetapi
Udin juga melihat sekilas bahwa
posisi Edo sangat menguntungkan.
Dengan segera Udin mengoperkan
bola kepada Edo. Bola berhasil
diterima oleh Edo. Tanpa ragu lagi, Edo menendang bola ke arah gawang lawan.
Gooooolll.... Tim Edo berhasil mencetak gol. Mereka bersorak gembira.
Permainan masih dilanjutkan. Tim lawan berusaha membalas. Di menit ke-20 tim
lawan berhasil mencetak gol balasan. Namun, tim Edo lagi-lagi mencetak gol yang
kedua tak lama kemudian. Di akhir pertandingan, tim Edo menang dengan skor 2-1.
Ayo Lakukan
Berlatihlah melakukan gerakan-gerakan berikut.
1. Menendang bola ke dalam gawang
dari jarak 2 m, 5 m, dan 7 m


2. Menggiring bola dengan kontrol yang baik
3. Mengoper bola kepada teman
4. Menerima operan bola dari teman
Edo dan teman-teman selesai bermain sepak bola. Mereka merasa kepanasan, lalu
beristirahat di bawah pohon rindang. Angin yang berembus sepoi-sepoi
mengeringkan keringat yang bercucuran. Mereka menjadi segar kembali.
Saat udara di ruangan terasa panas, kita dapat mendinginkan ruangan dengan
menyalakan kipas angin. Angin yang berembus akan mengalirkan udara panas ke
luar ruangan sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Kipas angin
yang kita gunakan memakai listrik agar bisa hidup. Itulah salah satu kegunaan
listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Ayo Membaca
Bacalah bacaan di bawah ini!
Bacalah bacaan “Sumber Energi Listerik” dengan saksama. Tuliskan kata-kata yang
bukan merupakan kosakata baku, lalu tulislah kosakata baku untuk setiap kata
tersebut. Tuliskan dalam tabel berikut.

Carilah informasi mengenai sumber-sumber energi listrik. Tuliskan hasilnya dalam
kotak berikut. Bandingkan hasilnya dengan hasil temanmu. Saling lengkapilah
informasi yang kalian peroleh.
Lampu listrik hampir selalu ada di setiap rumah. Bagaimana lampu bisa menyala?
Lampu listrik menyala ketika dirangkaikan dengan sumber listrik. Secara umum ada
dua macam rangkaian listrik. Perhatikan penjelasan berikut.
1. Rangkaian Listrik Seri
Rangkaian listrik seri adalah rangkaian alat listrik yang disusun secara berurutan.
Contoh rangkaian alat listrik seri seperti gambar berikut ini.
Perhatikan gambar di atas. Dua lampu listrik tersebut disusun secara berurutan.
Rangkaian dengan bentuk seperti itu dinamakan rangkaian lampu secara seri.
Dalam rangkaian jenis ini, jika salah satu lampu padam, lampu yang lain akan ikut
padam. Arus listrik yang mengalir di kedua lampu mempunyai besar yang sama.
Adapun tegangan listrik pada kedua lampu mempunyai sifat sebagai berikut.
a. Jika kedua lampu mempunyai ciri sama, tegangan listrik bernilai sama.
b. Jika kedua lampu mempunyai ciri yang berbeda, tegangan listrik akan
berbeda.
2. Rangkaian Listrik Paralel
Rangkaian listrik paralel adalah rangkaian alat listrik yang disusun secara
bertingkat atau sejajar. Contoh rangkaian alat listrik paralel seperti gambar
berikut ini.







Perhatikan gambar di atas. Dua lampu listrik tersebut disusun secara sejajar.
Rangkaian dengan bentuk seperti itu dinamakan rangkaian lampu secara paralel.
Dalam rangkaian jenis ini, jika salah satu lampu padam, lampu yang lain akan tetap
menyala. Tegangan listrik pada kedua lampu bernilai sama.
Arus listrik pada kedua lampu mempunyai sifat sebagai berikut.
1. Jika kedua lampu mempunyai ciri sama, arus listrik bernilai sama.
2. Jika kedua lampu mempunyai ciri yang berbeda, arus listrik akan berbeda.
Selain lampu listrik, banyak benda lain menggunakan energi listrik, misalnya lemari
es, mesin cuci, hingga mesin-mesin yang digunakan di pabrik-pabrik besar. Di
antara benda-benda yang menggunakan energi listrik tersebut, ada benda-benda
yang harus diimpor, misalnya berbagai mesin di pabrik-pabrik besar.
Kebanyakan benda berteknologi tinggi masih harus kita impor dari luar negeri
karena kita belum dapat memproduksinya sendiri. Kelak, jika kemampuan sumber
daya manusia Indonesia meningkat, tentu kita dapat memproduksi benda-benda
itu juga. Bahkan, saat itu kita juga dapat mengekspornya ke negara lain.
Ayo Menulis
Apa yang dimaksud impor?
Impor adalah ___________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
Apa pengertian ekspor?
Ekspor adalah __________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
Di antaraperalatan yang menggunakan listrik selain lampu adalah alat musik,
misalnya gitar listrik, keyboard, dan drum. Tentu kamu mengetahui beberapa grup
band sering menggunakan alat-alat musik itu. Semua anggota grup band itu bekerja
sama dengan baik menciptakan musik yang enak didengar.
Apakah kamu juga ingin dapat bermain musik? Berlatihlah dengan teman-temanmu
bermain musik bersama-sama. Kalian dapat bermain musik dengan peralatan
sederhana di sekitar kalian.
Ayo Lakukan
Lakukan kegiatan ini bersama beberapa temanmu.
1. Siapkan gelas, sendok, dan botol bekas wadah sirup.
2. Satu orang memegang sebuah gelas dan sebuah sendok. Satu orang
membawa dua buah sendok. Satu orang lagi membawa sebuah botol dan
sebuah sendok.
3. Buatlah bunyi-bunyian dengan memukulkan benda-benda yang kalian bawa.
4. Lakukan sembarangan sesuka setiap orang. Bagaimana bunyi yang
dihasilkan?
5. Lakukan dengan bekerja sama dan saling melengkapi irama bunyi yang
dihasilkan anggota lain. Bagaimana bunyi yang dihasilkan?

Apa yang telah aku pelajari hari ini?
Apa pentingnya menjaga kerukunan dan kerja sama yang baik saat bermain sepak
bola dan saat bermain musik bersama teman-teman?
Perhatikan gambar di samping. Edo
dan ibu bekerja sama membersihkan
halaman rumah. Ayah Edo dan para
tetangga mengganti bola lampu yang
mati untuk penerangan di depan rumah
masing-masing. Kegiatan mereka itu
mencerminkan hidup rukun.
Ada perilaku yang mencerminkan hidup
rukun, persatuan, dan kesatuan dalam
masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku
yang tidak mencerminkan hidup rukun, persatuan, dan kesatuan. Coba tuliskan
contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut. Tuliskan dalam tabel berikut.

Kamu telah mengetahui contoh-contoh perilaku yang mencerminkan hidup rukun,
persatuan dan kesatuan. Ceritakan kegiatan yang mencerminkan persatuan dan
kesatuan dalam keluargamu. Tuliskan ceritamu dalam kotak berikut, lalu secara
bergantian bacakan di depan teman-temanmu.
Setelah membersihkan halaman, Edo membantu Ibu menyiram pot-pot tanaman. Pot
tanaman Ibu banyak. Ada pot besar dan ada pula pot kecil. Kata Ibu, perbandingan
banyak pot besar dan pot kecil 3 : 7. Selisih banyak pot besar dan pot kecil adalah
16. Berapa banyak pot besar? Berapa banyak pot kecil? Berapa jumlah semua pot?
Perhatikan penyelesaiannya berikut.
Dalam Pembelajaran 1 kamu telah mengetahui dua cara menyelesaikan masalah
perbandingan. Coba tuliskan cara lain yang dapat kamu lakukan untuk menyelesaikan

permasalahan di atas mengenai Edo yang menentukan banyak pot. Tuliskan cara
lain tersebut dalam kotak berikut.
permasalahan di atas mengenai Edo yang menentukan banyak pot. Tuliskan cara
lain tersebut dalam kotak berikut.
Ternyata pot Ibu banyak juga. Semua pot itu ditanami aneka tanaman hias. Semua
tanaman itu tumbuh subur. Kata Ibu, banyak tetangga tertarik untuk membeli.
“Wah, bagus, dong, Bu,” kata Edo.
Menurut Edo, sebaiknya Ibu menjual sebagian tanaman hias itu. Halaman rumah
terlihat sempit dengan banyaknya pot tanaman hias. Ibu setuju menjual sebagian
tanaman hias.
“Aku buatkan iklan, ya, Bu,” kata Edo.
“Baiklah, Edo,” jawab Ibu setuju.
Edo ingin segera membuat rancangan iklan itu. Namun, Edo sedikit kebingungan.
Apa saja yang harus ada dalam iklan? Dapatkah kamu membantu Edo?
Ayo Renungkan
Apa yang telah aku pelajari hari ini?
Apa yang harus aku lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam
keluargaku?

Kerja Sama dengan Orang Tua
Rencanakan kegiatan dalam keluarga yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.




Dalam Pembelajaran 1, kamu telah melakukan kegiatan menuliskan produk-produk
Indonesia yang dapat diekspor ke luar negeri. Produk-produk tersebut misalnya
hasil tambang (minyak bumi dan tembaga) serta hasil laut (udang dan ikan).
Bagaimana dengan budaya Indonesia yang kaya? Dapatkah kebudayaan kita
ekspor? Tentu saja produk budaya tidak dapat diperjualbelikan. Namun, melalui
duta budaya, kita dapat mempertunjukkan kebudayaan kita ke luar negeri. Kegiatan
mengirim misi kebudayaan ke luar negeri telah sering dilakukan. Kegiatan itu
biasanya dilakukan oleh lembaga budaya dari suatu daerah atau kota.
Ayo Mewawancarai
Carilah informasi mengenai lembaga budaya di daerahmu, misalnya pusat
kebudayaan, sanggar tari, atau perkumpulan kesenian lain. Lakukan kunjungan ke
lembaga budaya tersebut. Temuilah petugas di lembaga budaya itu, lalu tanyakan
pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa peran dan fungsi lembaga budaya tersebut?
2. Apakah lembaga budaya tersebut pernah atau berencana mengadakan
pementasan dalam waktu dekat? Jika ya, pementasan apakah itu?
Ayo Menulis
Dari hasil kegiatanmu mewawancarai petugas lembaga budaya, tentu kamu telah
mengetahui peran dan fungsi lembaga budaya tersebut. Tuliskan hal tersebut dalam
kotak berikut.
Berikut bacaan yang menyajikan contoh kegiatan misi kebudayaan ke luar negeri.
Bacalah, kamu pasti akan menyukainya. Siapa tahu kamu pun akan termotivasi
untuk suatu ketika dapat melakukan hal serupa.
1. Kegiatan apa yang dilakukan oleh anak-anak Sekolah Dasar Islam Tugasku di
Austria pada tanggal 10-13 Juli 2013?
2. Apa yang ditampilkan oleh anak-anak Sekolah Dasar Islam Tugasku dalam
kegiatan itu?
3. Bagaimana sambutan masyarakat di Austria atas kegiatan itu?
4. Menurutmu, apa yang telah dilakukan oleh anak-anak Sekolah Dasar Islam
Tugasku sehingga menuai kesuksesan dalam kegiatan itu?
5. Menurutmu, sikap apa yang dimiliki oleh anak-anak Sekolah Dasar Islam Tugasku
dalam mempersiapkan kegiatan itu?
Untuk menguasai sebuah tarian baru, anggota sanggar tari biasanya berlatih
selama 6 hari. Setiap kali latihan dilakukan selama 2 jam. Untuk mempersiapkan
pementasan, para anggota hanya mempunyai waktu 4 hari untuk berlatih. Berapa
jam mereka harus berlatih setiap kali latihan agar dapat menguasai sebuah tarian
baru?
Kamu tentu mengetahui bahwa persatuan dan kesatuan dengan teman-teman
di sekolah akan menghasilkan sesuatu yang bagus. Begitu pula kegiatan yang
dilakukan oleh anak-anak Sekolah Dasar Islam Tugasku untuk mementaskan Tari
Saman di Austria tersebut. Selama persiapan dan pelaksanaan kegiatan tersebut
ada kerja sama banyak orang, di antaranya penari, pemain musik, perias, penata
busana tari, dan penata panggung. Dengan semangat persatuan dan kesatuan
mereka bekerja sama sehingga dapat menyajikan pementasan tari yang dikagumi
oleh para penonton.
Diskusikan dengan teman-teman sekelompokmu contoh perilaku di sekolah yang
mencerminkan persatuan dan kesatuan. Diskusikan pula contoh perilaku yang
tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan. Tuliskan hasil diskusimu dalam tabel
berikut. Bandingkan dengan hasil kelompok-kelompok lain, lalu saling lengkapilah
contoh-contoh tersebut.
Salah satu perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan ialah bekerja
sama menyelesaikan tugas sekolah. Dalam bekerja sama diperlukan sikap
saling menghargai pendapat teman. Lakukan kegiatan berikut bersama teman
sekelompokmu.
Buatlah rancangan iklan kegiatan pentas budaya yang dilakukan oleh siswa-siswa
sebuah sekolah dasar. Kegiatan itu berupa pertunjukan Tari. Tuliskan rancangan
iklan tersebut dalam kotak berikut.
Rencanakan kegiatan yang dapat kamu lakukan bersama teman-teman sekolahmu
di rumah. Misalnya, bergantian menyediakan rumah sebagai tempat kegiatan
belajar kelompok.
Lani, Edo, Dayu, Beni, dan Siti asyik bermain. Mereka bermain “Boi-boian”. Permainan
itu menggunakan bola kecil dan pecahan-pecahan kecil genteng. Sebelum mulai
bermain, mereka berlatih lempar tangkap bola. Edo berdiri di tengah. Lani, Bayu,
Beni, dan Siti berdiri melingkari Edo. Secara bergantian, Edo melemparkan bola
kepada keempat temannya. Mereka pun menangkap, lalu melemparkannya kembali
kepada Edo.
Latihan lempar tangkap itu dilakukan berkali-kali hingga mereka terampil. Kemudian
mereka pun mulai bermain Boi-boian. Mula-mula mereka menentukan satu orang
penjaga. Ternyata Edo menjadi penjaga.
Edo (penjaga) lalu menyusun potongan-potongan genteng dalam bentuk tumpukan.
Selanjutnya secara bergantian Lani, Dayu, Beni, dan Siti menggulirkan bola ke
arah tumpukan genteng. Sambil menunggu giliran menggulirkan bola, mereka
menyanyikan lagu. Inilah lagu yang dinyanyikan.
Mula-mula Lani yang menggulirkan bola. Namun, bola tidak mengenai tumpukan
pecahan genteng. Selanjutnya, giliran Dayu. Dayu menggulirkan bola dengan
pelan. Hasilnya, bola berhenti tepat sebelum menabrak pecahan genteng. Setelah
Dayu, giliran Beni menggulirkan bola. Ternyata lemparan Beni juga meleset.
Berikutnya giliran Edo. Dengan tenang dan penuh konsentrasi, Edo menggulirkan
bola. Tumpukan pecahan genteng pun roboh. Lani, Dayu, dan Beni segera berlari
menjauh dari Edo.
Edo mengambil bola itu, lalu berusaha melemparkan bola ke arah Lani, Dayu, dan
Beni. Mula-mula Edo mengejar Beni. Bola dilempar ke arah Beni, tetapi meleset.
Kemudian Edo mengejar Dayu dan melempar bola ke arahnya. Bola mengenai
punggung Dayu. Oleh karena itu, Dayu selanjutnya menjadi penjaga. Permainan
pun dilanjutkan kembali.
Ayo Menulis
Kamu telah mengetahui cara bermain “Boi-boian”. Kemampuan apa yang harus
kamu kuasai, baik sebagai penjaga maupun sebagai pemain? Tuliskan dalam kotak
berikut.
1. Berlatihlah melempar dan menangkap bola kecil. Lakukan berpasangan atau
melingkar dengan satu teman berada di tengah lingkaran. Berlatihlah hingga
kamu terampil, baik melempar maupun menangkap bola.
2. Praktikkan permainan “Boi-boian” tersebut bersama teman-temanmu.
Bermainlah dengan gembira sambil menyanyikan lagu “Bermain Bola” di depan.
Setelah lelah bermain, Siti teringat tugas membuat iklan yang diberikan Ibu Guru.
Mereka sudah membuat rancangan iklan itu. Kini Siti dan teman-teman akan
membuat sesuai rancangan. Mereka membuat iklan tentang acara pementasan
tari tradisional di luar negeri. Dengan penuh semangat mereka membuat iklan itu.
Inilah hasilnya.
Buatlah iklan sesuai rancangan yang telah kamu buat pada Pembelajaran 4. Buatlah
bersama teman-teman sekelompokmu. Buatlah semenarik mungkin. Warnai iklan
tersebut menggunakan pensil warna, cat air, atau cat poster.
Dalam kehidupan, iklan banyak dibutuhkan. Kamu tentu banyak melihat iklan di
koran, majalah, atau televisi. Oleh karena itu, banyak orang bekerja sebagai pembuat
iklan. Mereka biasa membuat rancangan dan desain iklan menggunakan komputer.
Dalam sebuah perusahaan iklan, beberapa orang dapat menggunakan komputer
masing-masing dalam jaringan listrik yang sama. Hal itu seperti rangkaian beberapa
bola lampu dari sebuah sumber listrik yang sama. Rangkaian dapat berupa rangkaian
seri atau rangkaian paralel. Masih ingatkah kamu yang dimaksud rangkaian seri
dan rangkaian paralel? Lakukan kegiatan berikut.
Ayo Lakukan
1. Sediakan 2 buah batu baterai, 3 buah lampu 5 watt, dan kabel.
2. Rangkailah 3 buah lampu tersebut dalam rangkaian seri hingga semua lampu
menyala.
3. Rangkailah 3 buah lampu tersebut dalam rangkaian paralel hingga semua lampu
menyala.
4. Buatlah laporan hasil kegiatanmu ini.
Ayo Renungkan
ËËApa yang telah aku pelajari hari ini?
ËËBagaimana sikapku sebaiknya saat bermain, bernyanyi, dan melakukan kegiatan
bersama teman-teman?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Praktikkan permainan “Boi-boian” bersama ayah, ibu, atau anggota lain dalam
keluargamu.

Ibu guru meminta para siswa menyajikan iklan yang telah dibuat. Mereka diminta
menjelaskan isi iklan tersebut, unsur-unsur dalam iklan, dan kemenarikan desain
iklan yang telah mereka buat.
Siti dan teman-teman telah membuat iklan pementasan Tari Saman di Austria.
Dalam penjelasannya, Siti menyampaikan bahwa para penari Tari Saman melakukan
gerakan-gerakan dengan cepat sambil menepuk-nepukkan tangan pada anggota
tubuh masing-masing. Gerakan ini harus dilakukan dengan kompak dan diperlukan
kerja sama yang baik antarpemain.
Ayo Ceritakan
Menurutmu, sikap apa yang dapat kamu contoh dari para penari Tari Saman dalam
memperagakan gerakan-gerakan tarian itu? Ceritakan dalam kotak berikut.
Kekompakan para penari dalam memperagakan Tari Saman merupakan daya tarik
Tari Saman. Oleh karena itu, Siti dan teman-teman menempelkan gambar
pertunjukan Tari Saman dalam iklan yang dibuat. Gambar tari itu menjadi salah
satu unsur dalam iklan agar calon penonton mendapat sedikit gambaran mengenai
pertunjukan tari yang ditawarkan.
Dalam Pembelajaran 5, kamu telah membuat iklan. Sajikan iklan tersebut di depan
teman-temanmu. Jelaskan isi iklanmu dan unsur-unsur dalam iklanmu. Jelaskan
pula kemenarikan iklanmu.
Semua kelompok telah menyajikan iklan yang dibuat. Ibu guru senang semua siswa
telah bekerja sama dengan baik. Mereka telah menunjukkan sikap hidup rukun.
Oleh karena itu, ibu guru mengajak para siswa menyanyi lagu “Bermain Bola” dalam
dua suara. Inilah aransemen lagu tersebut.
Apa yang telah aku pelajari hari ini?
Aku mengetahui bahwa ternyata dalam melakukan gerak tari pun diperlukan kerja
sama yang baik. Hal itu menunjukkan bahwa tarian pun mengajarkan kita untuk
hidup rukun. Apa lagi bentuk-bentuk kerukunan yang dapat aku terapkan?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Nyanyikan lagu “Bermain Bola” bersama-sama. Iringi nyanyian tersebut dengan
alat musik yang ada di sekitarmu. Nyanyikan dengan riang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar